Selasa, 17 Maret 2015

Aliran Atau Gaya Modifikasi Stance : Arti, Patokan, Cara

What’s Stance? Masih banyak orang bertanya-tanya apakah itu istilah Stance yang saat ini banyak digandrungi oleh anak muda. Nah kali ini, tim BosMobil.com coba menggali apa itu Stance menurut Ican dan Rahman, keduanya merupakan orang yang terjun langsung di dunia modifikasi Stance.
Modifikasi Stance
Menurut Google Translate, kata ‘Stance’ sendiri didefinisikan menjadi : cara berdiri, pendirian, sikap, posisi. Namun ketika didefinisikan ke dalam gaya modifikasi, Stance bisa diartikan cara berdiri mobil. Nah bagaimana Stance menurut Ican dan Rachman? Berikut penuturannya.
“Kalau menurut gua, Stance adalah cara berdiri mobil yang proper, jarak antara velg dan ban ke fender, serta seberapa pendek mobil masih enak dilihat dan fungsional sesuai dengan proporsionalnya. Nah fitment itu sendiri adalah ukuran ban dan velg yang digunakan sehingga mendapat jarak antara roda dengan fender,” ungkap Ihsan Ali Talib atau Ican, yang Toyota Soluna-nya dimodif aliran Stance.
Modifikasi Stance
Tidak berbeda dengan Rachman yang Toyota Vios-nya dimodif Stance juga menambahkan, “menurut gua Stance itu artinya pada saat mobil itu berdiri. Bisa juga liat dari ground clearence atau kandasnya, fitment velg, pokoknya dilihatnya mobil itu like a model in catwalk, wohoo!!”

Lantas apa saja yang menjadi patokan bahwa mobil itu bisa dibilang Stance?

“Sebenarnya gak ada patokannya, sesuka si empunya mobil aja. Yang penting itu bertema, pilihan velg yang sesuai termasuk profil ban, setting-an kaki-kaki termasuk shockbreaker dan tingkat ketinggian mobil atau jarak dari tanah,” jelas Ican.
Modifikasi Stance
Sedangkan hal serupa juga dikatakan oleh Rachman. “Semua tergantung selera, bodi mobil bebasssss, mau di-repaint dengan warna-warna eye catching atau wide body juga gak masalah. Velg juga begitu, tergantung selera, begitu juga per sama kaki-kaki,” tambah Rachman.

Nah sekarang bagaimana cara untuk membuat mobil supaya bisa dibilang Stance?

Menurut Ican, untuk membuat mobil supaya bisa dibilang Stance itu tidak ada batasan, seperti yang dijelaskan diatas tadi. “Misal kalau mau main velg yang agresif, bodi harus disesuaikan, bisa dilakukan dengan banyak cara seperti roll fender, pull fender, gedor fender, wide body, bahkan radius atau gedein lingkar fender, dan coak sasis. Sedangkan kalau dari suspensinya bisa pake per custom, coilover sama air suspension. Pokoknya asal orang ngeliatnya enak, itu bisa disebut stance,” jelasnya.
Modifikasi Stance
Sedangkan kalau menurut Rachman, metode mobil yang masuk criteria Stance itu, “velg modelnya sesuai selera, tetapi ukuran velg sama ban harus sesuai, dan biasanya ukurannya tergantung mobilnya, nah itu dia dilihat mobilnya dulu, supaya cocok dan masih enak dilihat juga,” tutup Rachman.
Gimana bos? Mau coba bikin mobilnya Stance?

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Translate